Proses Pembuatan Tas Dalam Pabrik Tas Seminar

Proses Pembuatan Tas Dalam Pabrik Tas Seminar

Proses Pembuatan Tas Dalam Pabrik Tas Seminar

Pabrik tas seminar termasuk dalam golongan perusahaan garment yang fokus produksinya adalah berhubungan dengan mesin jahit dan kain. Peralatan apa saja yang ada dalam pabrik ini? bagaimana proses pembuatan produk tasnya?

1. Proses pembuatan pola

Hal utama sebelum proses ini dimulai adalah penyediaan alat dan bahan yang dibutuhkan. Tentunya bahan dan alat yang dibutuhkan untuk setiap jenis tas seminar tak selalu sama. Setelah ditentukan tas jenis apa yang akan di produksi, bahan selanjutnya akan melalui proses pembuatan pola.

Proses Pembuatan Tas Dalam Pabrik Tas Seminar
Proses Pembuatan Tas Dalam Pabrik Tas Seminar

Hal ini akan menentukan bentuk seperti apa yang akan dibuat nantinya. Selain itu, pola akan membuat tas lebih rajin dan simetris. Jika tas yang dibuat mempunyai gambar atau tulisan tertentu, biasanya akan di cetak gambarnya terlebih dahulu sebelum dibuat polanya.

2. Cutting/pemotongan

Setelah pola selesai dikerjakan, proses selanjutnya yaitu pemotongan atau cutting. Hal ini agar bentuk kain mudah dijahit. Mesin yang digunakan untuk memotong bisa berupa gunting atau alat cutting canggih. Semakin besar pabrik, semakin canggih pula peralatan yang digunakan. Hal ini terkait keefisienan waktu dan hasilnya.

Baca juga : Rekomendasi Tentang Jasa Pembuatan Tas Berkualitas di Bandung

Proses pemotongan yang baik akan menentukan bentuk tas nantinya, rapinya pemotongan mempengaruhi bentuk tas yang dihasilkan.

3. Proses penjahitan

Jika bahan tas sudah digunting polanya. Bahan tersebut akan memasuki proses penyatuan yaitu dilakukan dengan cara menjahit. Ini perlu keahlian khusus. Semakin rumit bentuk tas, semakin rumit pula cara menjahitnya. Perlu ketelitian khusus agar menghasilkan tas yang rapi.

Menggunakan mesin jahit, tas akan lebih cepat diproduksi. Hanya mungkin akan menimbulkan kebisingan dari suara mesin yang dihasilkan.

4. Finishing

Ini proses yang selanjutnya akan dilalui tas setengah jadi. Mengapa setengah jadi? Karena dari ketiga proses diatas, tas masih belum bisa digunakan. Pada proses finishing ini tas akan mengalami penyempurnaan bentuk. Seperti pemasangan resleting dan aksessioris lain yang mungkin dibutuhkan juga untuk mempermanis tampilan tas. Semua proses itu dilakukan disini.

5. Quality control

Hal yang tak kalah penting dalam proses produksi tas di pabrik tas seminar ini adalah proses QC atau quality control. Dibagian ini, yang dilakukan adalah pengecekan ulang produk tas yang sudah jadi. Langkah ini perlu dilakukan untuk menjamin bahwa tas yang akan dikirim ke konsumen tidak ada kerusakannya sedikitpun, aman dan siap digunakan.

6. Pengemasan

Proses terakhir ini cukup simpel. Hal ini karena tas hanya dipastikan dikemas untuk menghindari kotoran menempel sebelum sampai ketangan konsumen.

Proses tersebut memang cukup panjang dan terlihat rumit. Keenam proses tersebut adalah proses yang harus dilalui produksi pabrik tas seminar sebelum sampai ditangan anda. Setiap tahapnya memiliki peran dalam menentukan kualitas tasnya sendiri. Info lebih lengkap pabriktasbandung.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.